nusakini.com-- Dalam acara pembekalan pejabat eselon I,II, III, dan IV lingkup Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau untuk melakukan monitoring pemerintahan dari tingkat paling atas hingga tingkat bawah. 

Tidak lupa juga untuk seluruh jajaran Direktur Jenderal (Dirjen) untuk terus meningkatkan koordinasi. Hal ini guna saling mengingatkan dan membantu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

“Sesama Drijen sudah harus saling koordinasi, dua tahun ini saya tata dengan baik, saya minta eselon I sampai IV untuk monitoring ke bawah, minimal ke Sekda,” ungkap Mendagri di Jakarta, Senin (30/1). 

Disamping itu, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo yang menjabat sebagai Gubernur Sulawasi Selatan (Sulsel) mengatakan bahwa Kemendagri merupakan posisi penting dalam pemerintahan. 

“Dalam pemahaman saya yang mengendalikan semuanya di pemerintahan yakni Kemendagri, kalau presiden tidak ada, negara ditangani oleh Kemendagri,” ungkap Syahrul. 

Ketua APPSI ini juga mengajak setiap daerah untuk berkoordinasi dengan kementerian guna menghilangkan adanya pemerintahan yang sentralistis. 

“Ada aspek regulasi dan koordinasi yang harus dibenahi, jangan masing-masing pemerintahan berbeda-beda warna. Tidak boleh hanya untuk partai, tetapi untuk melayani masyarakat,” tutur Ketua Umum APPSI.(p/ab)